Asam Folat Cegah Autisme

asam folat cegah autisme

Belum dikatakan ibu hamil yang peduli jika tidak mengetahui berbagai manfaat asam folat pada dirinya dan janin. dari sekian banyak artikel, menyatakan asam folat sangatlah bagus untuk pencegahan masalah otak, syaraf, dan kelainan tabung, sina bifida.

Tahukah bunda, asam folat juga berfungsi mencegah autisme? Nah, ibu hamil yang kurang perhatian pada pola makan bernutrisi sudah pasti membuat janin dalam keadaan bahaya, yaitu tadi janin bisa mengalami cacat.

Para ahli menyarankan ibu yang merencanakan kehamilan harus memenuhi segala kebutuhan gizi harian mereka. Terlebih, mementingkan kebutuhan asam folat. Antisipasi pemenuhan gizi harian saat perencanaan kehamilan karena mayoritas ibu baru sadar hamil saat kandungan sudah berusia satu bulan lebih.

Asam folat juga sangat penting mencegah mutasi DNA menjadi sel kanker. Ini juga berlaku pada ibu hamil dan anak di bawah usia dua tahun. Bila hal ini kita abaikan, kekurangan asam folat juga menyebabkan diri menderita gangguan anemia megaloblastik. Bunda jadi mudah marah, apatis, lemah, despresi, enggan makan, mengalami masalah percenaan, dan diare. Hal ini juga yang membuat orang lansia perlu memperhatikan asupan asam folat.Di lain pihak, asam folat juga bagus untuk memperbaiki daya ingat dan meminimalisir resiko Alzheimer.

Nah, kita bisa mendapatkan asam folat dari brokoli, asparagus, sereal. Selain itu, buah-buahan berwarna juga mengandung asam folat, seperti semangka, kiwi, nanas, pisang, dan jeruk. Bila bunda enggan memakan sayur, bisa kita selingi dengan hati sapi, ayam, dan ikan. Produk susu juga sudah bisa memberikan asupan asam folat karena sebagain besar susu sudah diitambahkan kandungan asam folat.

Ayo, biasakan hidup sehat dan perhatikan kecukupan gizi harian bunda dan janin!

Informasi Kesehatan Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *